Bawaslu Kabupaten Mojokerto Memberikan Keterangan Atas Dugaan Ketidaknetralan Kades Pandanarum

Bawaslu Kabupaten Mojokerto Memberikan Keterangan Atas Dugaan Ketidaknetralan Kades Pandanarum

Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Dody Faizal. (Foto : Fio Atmaja)--

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto memberikan keterangan atas pemanggilan Kepala Desa (Kades) Pandanarum, Endik Sugianto diduga melanggar netralitas seorang kades.

Sebagai rangkaian proses penanganan pelanggaran, Bawaslu Mojokerto melakukan klarifikasi kepada Kades Pandanarum dan beberapa pihak terkait guna mendapatkan keterangan yang utuh atas kasus peristiwa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Dody Faizal mengatakan, kehadiran Kades Pandanarum, Pacet, Mojokerto atas nama Endik Sugianto patut diduga melanggar Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa Pasal 29 huruf.

"Selanjutnya diteruskan kepada Bupati Mojokerto, untuk ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundang - undangan yang berlaku," ucapnya dalan keterangan tertulis diterima Disway Mojokerto, Jum'at (12/1/2024).

Surat rekomendasi Bawaslu Kabupaten Mojokerto ini berdasarkan pada rapat pleno pada Rabu (10/1/2024) lalu. Lima komisioner Bawaslu Kabupaten Mojokerto memutuskan bahwa hadirnya Endik pada acara DPW PAN Jatim dianggap menguntungkan diri sendiri dan partai politik dimaksud.

Meski demikian, Bawaslu Kabupaten Mojokerto memandang bahwa kehadiran Endik tak memenuhi unsur Pelanggaran Pemilu sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 pasal 282 juncto 490.

"Hingga saat ini, pengaturan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2024 belum dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan saat ini yang sedang berjalan adalah tahapan pilpres, dan pileg," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Mojokerto memanggil Kepala Desa Pandanarum, Endik Sugiyanto, terkait dugaan ketidaknetralan seorang kepala desa, Sabtu (6/1/2024).

Rekaman video yang beredar menunjukkan Kades Pandanarum, Endik hadir dalam acara DPW PAN Jawa Timur di Surabaya pada Selasa (26/12/2023).

Dalam video tersebut, Endik mengenakan baju putih dan berdiri di panggung depan, terlihat saat pembacaan dukungan DPW PAN Jatim kepada Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra untuk maju sebagai calon bupati pada Pilkada 2024.

Sumber:

b