Jalur Pendakian Baru Gunung Penanggungan via Genting di Mojokerto Dibuka

Jalur Pendakian Baru Gunung Penanggungan via Genting di Mojokerto Dibuka

Bupati Mojokerto saat meresmikan jalur pendakian Gunung Penanggungan via Genting, Ngoro, Mojokerto. -Diskominfo Kab Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Jalur pendakian Gunung Penanggungan atau Pawitra resmi bertambah. Hal itu setelah jalur pendakian Gunung Penanggungan via Genting dibuka untuk umum, Minggu (30/6/2024). 

Jalur tersebut berada di Dusun Genting, Desa Wotanmas Jedong, Ngoro, Mojokerto. Sebagai penanda, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberangkatkan 1.000 orang pendaki via jalur baru tersebut. 

"Pembukaan jalur pendakian ini nantinya bisa menjadi sebuah upaya mencintai dan melestarikan alam di Bumi Majapahit ini," bebernya 

Selain itu, dengan dibukanya jalur baru tersebut ia juga berharap agar kedepannya ekonomi dan kesejahteraan warga sekitar bisa meningkat melalui elemen-elemen pendukung wisata.

Baca Juga: Pinjol dan Generasi Cerdas, Melek Keuangan: Pentingnya Literasi Keuangan Sejak Usia Dini

"Harapannya, jalur pendakian itu juga akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan khusunya warga Dusun Genting, Desa Wotanmas Jedong ini," pungkasnya. 

Jalur pendakian via Genting ini sendiri berada di sebelah utara Gunung Penanggungan dan rutenya melewati beberapa bangunan sejarah dan markah, seperti Candi Sengon, Candi Penanggungan, Candi Merak, Candi Pendowo, Candi Yudo, Candi Sinta dan Pohon Akar Seribu. 

Baca Juga: Hasil Sidak Mas PJ, 5 Ponsel Dicurigai Sebagai Alat Judi Online

Selain itu terdapat juga persimpangan rute yang menuju Gunung Bekel dan Gunung Gajah, kedua gunung yang berada di sekitar Gunung Penanggungan.

Gunung mempunyai ketinggian 1.653 Mdpl memiliki banyak rute pendaki untuk mencapai puncaknya, mulai dari jalur pendakian via Tamiajeng Trawas, via Jolotundo Trawas, via Kedungudi Trawas, via Kunjorowesi Ngoro, dan Jalur Wonosunyo Betro Gempol Pasuruan. (*)

Sumber:

b