Benteng Penyelamat di Jalur Turunan Sendi Mojokerto diperbaiki

Benteng Penyelamat di Jalur Turunan Sendi Mojokerto diperbaiki

Relawan memperbaiki benteng penyelamat di turunan Sendi - Pacet dengan menambah 1.500 karung sekam..-FPRB Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Benteng penyelamat di jalur turunan Sendi - Pacet, Mojokerto diperbaiki, Minggu (7/7/2024). Ribuan karung sekam tertata tersebut diperbaiki karena mengalami kerusakan. 

Perbaikan benteng penyelamat dilakukan oleh relawan tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Mojokerto yang di support BPBD Kabupaten Mojokerto.

Sasaran perbaikan dilakukan di 2 titik yakni, rest area AMD dan tikungan Gotekan. Jalur turunan di Desa/Kecamatan Pacet itu selama ini memang rawan kecelakaan akibat rem blong. 

"Tadi kami melakukan perbaikan, ada sekitar 100 karung sak mengalami kerusakan dan diganti dengan yang baru. Selain itu juga dilakukan penataan ulang," terang Ketua FPRB Kabupaten Mojokerto, Saiful Anam.


Benteng penyelamat turunan yang diperbaiki.-FPRB Kabupaten Mojokerto-

Menurutnya, kondisi benteng tersebut harus diperbaiki setelah sekian kali dihantam kendaraan mengalami rem blong. Untuk di benteng penyelamat Gotean ada perubahan. 

"Awalnya benteng penyelamat dimajukan 3 meter untuk mengantisipasi jika terjadi rem blong pada kendaraan agar tidak menembus jalur penyelamat. Namun, saat ini dimundurkan sekitar 1 meter," ungkapnya. 

BacaJuga: https://mojokerto.disway.id/read/3865/sambut-tahun-baru-1446-h-pemkot-mojokerto-gelar-ngaji-bareng-gus-mus

Setelah dimundurkan 1 meter, karung dengan tinggi 1,7 meter itu di satukan dengan lapis depan dan disatukan dengan lapis kedua. 

Sebelumnya, benteng penyelamat di jalur turunan tajam Sendi-Pacet ditambah 1500 karung sekam, Jumat (5/4/24) bulan lalu. Hal itu untuk meminimalkan risiko fatalitas akibat kecelakaan akibat rem blong, saat musim libur lebaran. 

Ribuan sekam tersebut ditambahkan untuk memperbarui benteng penyelamat di 2 titik di jalur tersebut. Antara lain rest area AMD dan tikungan Gotekan dengan harapan agar dapat meminimalisir fatalitas kecelakaan di lokasi tersebut.

Seperti diketahui, di jalur rawan kecelakaan itu ada 3 titik jalur penyelamat yang disiapkan. Selain rest area AMD dan tikungan Gotekan, juga ada jalur penyelamat sebelum tikungan Gotekan. 

Baca Juga: Pemkab Mojokerto Rancang Regulasi Pilah Sampah Rumah Tangga ,Tekan Biaya Operasional

Penambahan 1.500 karung sekam oleh relawan se-Mojokerto itu dilakukan secara bertahap. Ribuan karung berisi sekam itu diangkut mobil pikap dan disusun di rest area AMD dan benteng penyelamat di Tikungan Gotekan.

Sumber:

b