HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Bawaslu Jatim Luncurkan Rumah Data, Bawaslu Kota Mojokerto Siap Sukseskan Pengawasan Pemilihan Serentak 2024

Bawaslu Jatim Luncurkan Rumah Data, Bawaslu Kota Mojokerto Siap Sukseskan Pengawasan  Pemilihan Serentak 2024

Bawaslu Jatim luncurkan rumah data, Rabu 14/8/2024-Foto : Elsa Fifajanti-

Surabaya, Mojokerto.disway.id - Untuk mendukung kinerja pengawasan yang akuntabel dan profesional, Bawaslu Provinsi Jawa Timur meluncurkan rumah data, pada Rabu (14/08/2024) di Surabaya.

Peluncuran ini dihadiri  4.477 peserta. Terdiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), 176 Bawaslu Kabupaten/Kota 1998 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), 1998 sekretariat Panwascam, wartawan dan pemantau pemilu di Jawa Timur.

Seiring dengan peluncuran rumah data tersebut, Bawaslu Kota Mojokerto siap sukseskan pengawasan Pemilihan tahun 2024. 


Komisioner Bawaslu Kota Mojokerto dan Korsek Bawaslu Kota-Foto : Elsa Fifajanti-

"Kami seluruh jajaran Bawaslu se-Kota Mojokerto siap sukseskan Pemilihan serentak 2024 melalui rumah data yang telah diluncurkan oleh Bawaslu Jatim. Dengan adanya rumah data ini dapat mempermudah kami dalam memantau progres kinerja jajaran di bawah kami", ujar Dian Pratmawati,  Ketua Bawaslu Kota Mojokerto. 

Dalam sejarahnya, rumah data digunakan dalam Pemilu 2024 hanya untuk menyimpan Form A. Kemudian dikembangkan untuk menyimpan hasil pengawasan saat hari pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 lalu. Dari mendokumentasikan C-Hasil, kejadian khusus, daftar hadir, dan foto KTP EL DPK yang ada di TPS.


Bawaslu Kota Mojokerto bersama jajaran Panwascam-Foto : Elsa Fifajanti-

Saat Pemilu 2024, penggunaan rumah data mampu mengumpulkan ratusan ribu hasil pengawasan.

Berangkat dari pengalaman berharga tersebut, Bawaslu Provinsi Jawa Timur meningkatkan dan mengembangkan Rumah Data dalam Pemilihan Serentak 2024.

BACA JUGA:Sekitar 500 APK, BK dan APS Telah Ditertibkan Bawaslu Kota Mojokerto di Hari Pertama Masa Tenang

Rumah data kini akan menyimpan Form A, imbauan, saran perbaikan, laporan, temuan, rekomendasi dan sengketa.

Anggota Bawaslu Kota Mojokerto, Ilham Bagus Priminanda menyampaikan, dengan adanya rumah data ini juga dapat mempermudah dalam hal menyiapkan data jika ada Perselisihan Hasil Pemilihan nanti. Namun yang perlu diperhatikan yaitu mengenai keamanan data. 


Peluncuran rumah data Bawaslu Jatim dihadiri ribuan orang yang terdiri dari bawaslu kabupaten/kota, panwascam, pemantau pemilu serta forkopimda Jatim-Foto : Elsa Fifajanti-

"Selamat atas launchingnya rumah data Bawaslu Jatim. Dengan adanya rumah data ini dapat mempermudah menyiapkan data untuk Perselisihan Hasil Pemilihan nanti. Harapannya keamanan datanya sangat kuat sehingga tidak ada kebocoran di kemudian hari", ujar Ilham selaku Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Humas dan Parmas Bawaslu Kota Mojokerto. 

Sumber:

b