HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Peringatan Sumpah Pemuda di Kota Mojokerto Berlangsung di Tiga Tempat, Salah Satunya di Sungai Brantas

Peringatan Sumpah Pemuda di Kota Mojokerto Berlangsung di Tiga Tempat, Salah Satunya di Sungai Brantas

Peringatan Sumpah Pemuda di Kota Mojokerto di Sungai Brantas. (Foto : Fio Atmaja)-(Foto : Fio Atmaja)-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kota Mojokerto diadakan dengan cara berbeda. Ratusan orang menggibarkan bendera merah putih di darat, sungai, dan jembatan, Sabtu (28/10/2023).

Acara tersebut dimulai pukul 08.30 - 09.45 WIB. Melibatkan 200 orang dari organisasi kepemudaan di Kota Mojokerto, relawan, dan cabor olahraga yang bergerak di air turut serta memeriahkan acara tersebut.

kepala bidang kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Mojokerto (Disporapar) kota Mojokerto, Septafi Wisudana mengatakan bahwa prosesi pengggibaran bendera diawali dengan kirab bendera dari Rumah Rakyat Kota Mojokerto berjalan ke timur, kemudian finish di bawah Jembatan Gajah Mada.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda, Jokowi: Manfaatkan Bonus Demografi Guna Majukan Bangsa


"Setelah finis di Jembatan Gajah Mada kemudian bendera di Jembatan Gajah Mada, dan Sungai Brantas turut di kibarkan secara bersamaan," ucap, Septafi, Sabtu (28/10/2023).

Peserta membawa bendera di Sungai Brantas dengan menggunakan perahu, sedangkan di Jembatan Gajah Mada pengggibaran bendera dilakukan di atas jembatan oleh tim panjat tebing.

"Tujuan peringatan sumpah pemuda di tiga tempat tersebut ingin mengenang bahwa pembangunan di Kota Mojokerto dan Indonesia berawal dari pemuda, jadi kami ingin juga membangkitkan semangat - semangat para pemuda di Kota Mojokerto," ujarnya.

Adapun ukuran bendera merah putih yang dikirab di darat mempunyai panjang 1,5 x 100 meter, di Sungai Brantas 20 x 30 meter, dan di Jembatan Gajah Mada 20 x 30 meter.

Sumber:

b