HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

PAN Pastikan Beri Rekom Gus Barra sebagai Calon Bupati Mojokerto

 PAN Pastikan Beri Rekom Gus Barra sebagai Calon Bupati Mojokerto

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto (tengah). -Fio Atmaja-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, menjelaskan mengenai kepastian rekomendasi PAN untuk mengusung Muhammad Al Barra atau Gus Barra sebagai bakal calon Bupati Mojokerto dalam Pilkada 2024. 

Meskipun sebelumnya DPP PAN dan DPD PAN Kabupaten Mojokerto terjadi miskomunikasi terkait pembukaan pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati Mojokerto tetap dibuka sejak 22 April - 1 Mei 2024.

"Saya meminta maaf karena ini merupakan miskomunikasi, dan kami lupa untuk mengkomunikasikan hal ini dengan ketua DPD PAN Kabupaten Mojokerto," ucapnya saat menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan kantor DPD PAN Kabupaten Mojokerto di Kembangringgit, Pungging, Mojokerto, Rabu (1/5/2024).

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan tindakan DPD PAN Kabupaten Mojokerto sudah sesuai dengan aturan, karena sesuai dengan surat edaran dari DPP PAN tentang pilkada yang mewajibkan membuka pendaftaran. 

"Maka itu, jika sudah dibuka pendaftaran, itu bukan salahnya DPD, karena itu memang dia melaksanakan tugas dari perintah DPP PAN," ucapnya.

Namun, di tengah perjalanan, ada pengecualian di beberapa daerah seperti Jambi dan Kalimantan Selatan yang tidak membuka pendaftaran.

"Banyak dari daerah lain yang memang keder PAN maju atau mendapatkan rekomendasi sebelum pemilu sudah keluar itu kami kecualikan seperti Jambi dan Kalimantan Selatan," jelasnya.

Yandri menegaskan, meskipun telah dibuka pendaftaran, yang mendaftar akan tetap dihargai, karena mereka menunjukkan rasa hormat kepada PAN. Namun, PAN memastikan bahwa mereka akan mengusung Gus Barra sebagai calon Bupati Mojokerto.

"Untuk penjaringan yang sudah berlangsung, nanti saya akan berdiskusi dengan DPD PAN mengenai solusi terbaiknya," tegasnya.

"Saat ini tinggal mencari koalisi permanen dengan siapa wakilnya. Setelah itu, kami akan menaikkan rekomendasi menjadi surat keputusan yang akan ditandatangani oleh ketua dan sekjen untuk dibawa ke KPU Kabupaten Mojokerto untuk dicalonkan sebagai calon bupati dan wakil bupati pasangan PAN dengan koalisi partai lainnya," sambungnya.

Sebelumnya, Waki Bupati Mojokerto periode 2021 - 2024, Muhammad Al Barra atau Gus Barra menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Bupati Mojokerto pada Pilkada 2024 kepada DPD Partai Amanat Nasional (PAN).

Dia hadir didampingi istrinya Shofiyah Hanna, dan beberapa pendukungnya. Ia diterima Ketua DPD PAN Kabupaten Mojokerto, di ruang aula Graha Surya Syariah, Mojosari, Mojokerto, Minggu (28/4/2024) dijadikan tempat penyerahan berkas bakal cabup dan cawabup Kabupaten Mojokerto periode 2024 - 2029. (*)

Sumber:

b