HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

KPU Mojokerto Gelar Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024, Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

KPU Mojokerto Gelar Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024, Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Penampilan Trawas Fashion Carnival di acara kirab maskot Pilkada Serentak 2024. -Fio Atmaja-

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto menggelar kirab maskot Pilkada Serentak 2024 di Lapangan Paseban Agung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Rabu, 2 Oktober 2024.

Kirab ini bertujuan untuk menyosialisasikan Pilkada 2024 sekaligus mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada 27 November mendatang.


Ketua KPU Jombang (kiri) da Ketua KPU kabupaten Mojokerto (kanan). -Fio Atmaja-

Maskot yang diusung dalam kirab tersebut adalah "Si Jali" (Jatim Memilih) untuk Pilgub Jatim, dan "Sigalih" (Si Warga Memilih) untuk Pilbup Mojokerto. 

Penerimaan kirab maskot Pilkada Serentak 2024 dari KPU Kabupaten Jombang ke KPU Kabupaten Mojokerto dimeriahkan pertunjukan, seperti Trawas Fashion Carnival, seni bantengan, tari tradisional, parade kuda, serta flashmob PPK dan PPS se-Kabupaten Mojokerto.

BACA JUGA: Muhammad Habibur Rochman Resmi Dilantik sebagai Anggota DPR RI, Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

BACA JUGA: Hari Keenam Kampanye, Calon Gubernur Jatim Khofifah Kunjungi Pabrik Tisu di Mojokerto


Parade kuda mewarnai kirab maskot Pilkada Serentak 2024 di Mojokerto. -Fio Atmaja-

Kirab dimulai dari Lapangan Trawas dan melalui jalan protokol, berakhir di Lapangan Paseban Agung. Pemberangkatan kirab dipimpin oleh Muslim Bukhori, Divisi Sosialisasi Pendidikan, Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Mojokerto.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Afnan Hidayat menjelaskan, kirab maskot ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan KPU Provinsi Jatim yang berjalan estafet di 38 kota/kabupaten. Ada dua jalur, satu dari Sumenep, dan dua dari Pacitan. 

"Mojokerto termasuk dalam jalur satu. Setelah tiga hari, maskot akan diserahkan ke KPU Kota Mojokerto, namun sebelum itu kami membawa keliling ke empat kecamatan sebelum menuju Kota Mojokerto dan berakhir di Surabaya puncak acara pada 12 Oktober," jelasnya.

Kirab ini, menurutnya berfungsi sebagai sarana pendidikan bagi pemilih, sosialisasi partisipasi masyarakat, serta integrasi budaya. "Sasaran selama tiga hari kami akan menyasar pemilih pemula di berbagai sekolah di Mojokerto," bebernya. 

Sementara itu, Divisi SDM KPU Jatim, Eka Wisnu Wardana menambahkan, kirab maskot ini merupakan sarana integrasi budaya. 


Kirab maskot Pilkada Serentak 2024 diadakan di Trawas, Mojokerto. -Fio Atmaja-

Sumber:

b