Bawaslu Kota Mojokerto Lakukan Pengawasan Logistik Secara Ketat

Bawaslu Kota Mojokerto Lakukan Pengawasan Logistik Secara Ketat

Logistik Pemilu 2024 lalu-Fio Atmaja-

Mojokerto, diswaymojokerto.id – Tidak ingin peristiwa kekurangan surat suara di Pemilu Legislatif lalu terulang, Bawaslu Kota Mojokerto melakukan pengawasan logistik Pemilihan Serentak 2024 di Kota Mojokerto dengan ketat.

‘’Kita setiap hari melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KPU Kota Mojokerto, agar bisa segera mengantisipasi jika ada kekurangan logistik,’’ kata Ketua Bawaslu Kota Mjokerto, Dian Pratmawati kepada Disway Mojokerto, 9 Oktober 2024.

Dian mengisahkan, saat Pemilu Legislatif 2024 lalu, di wilayah Kecamatan Magersari sempat terjadi kekurangan surat suara. Meski pada akhirnya bisa diatasi, namun hal-hal seperti ini sebenarnya bisa diantisipasi sejak awal pengadaan logistik pendistribusiannya.


Mobil box pengangkut logistik Pemilu 2024-Foto : Fio Atmaja-

Bawaslu Kota Mojokerto, kata Dian mengapresiasi KPU Kota Mojokerto terkait Gudang Logistik untuk Pemilihan serentak kali ini.

Gudang yang terletak di belakang kantor KPU Kota Mojokerto di jalan Pahlawan Mojokerto ini lebih representatif bagi jajaran Bawaslu untuk melakukan pengawasan.

‘’Gudangnya lebih luas, jadi ada space bagi pengawas pemilu untuk melakukan pengawasan di dalam Gudang,’’ ungkap Dian.

Pengawasan Bawaslu juga menyisir keberadaan gudang logistik, agar barang-barang yang disimpan di gudang tersebut benar-benar aman. Apalagi sebentar lagi memasuki musim penghujan.


Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Dian Pratmawati -Foto : Istimewa-

''Jangan sampai barang-barang yang disimpan di gudang tersebut rusak kena air hujan, kebocoran misalnya,'' kata Dian. Menurut Dian hingga sekarang yang sudah sampai di gudang logistik adalah kotak suara, bilik suara, kabel tis dan tinta. 

Terkait logistik pemilu, Koordinator Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) wilayah Mojokerto Kota, Elsa Fifajanti memberikan masukan kepada KPU maupun Bawaslu Kota Mojokerto terkait surat suara untuk Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB di Jalan Taman Siswa Kota Mojokerto.

BACA JUGA:Tim Kampanye Dua Paslon Pilwali Kota Mojokerto Sayangkan Lambannya Pengadaan APK dan BK dari KPU

BACA JUGA:Kedua Paslon Sepakat dengan Desain, Surat Suara Pilkada Kota Mojokerto Siap Dicetak

Elsa menyampaikan lima tahun lalu, tepatnya saat Pilkada 2018, terjadi kekurangan surat suara di TPS khusus yang ada di LP tersebut. Sehingga, kata Elsa pemungutan suara baru selesai sekitar jam 21.00 malam, itu belum proses penghitungan suara.


Ketua KPU Kota Mojokerto periode 2024-2029, Usmuni-Foto : Dok. KPU Kota Mojokerto-

Dalam Pemilihan Serentak 2024 kali ini, KPU Kota Mojokerto telah menetapkan dua TPS lokasi khusus yang ada di LP kelas II B tersebut. Selain itu saat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 20 September lalu, telah ditetapkan 1020 DPT yanga da di Loksus.

Terkait hal ini, Ketua KPU Kota Mojokerto, Usmuni menyampaikan jika up date data di LP kelas IIB akan terus lakukan oleh KPU. Up date data pemilih bukan hanya dilakukan saat menjelang pemungutan suara, tetapi secara berkala, mengingat di LP pemilihnya dinamis, keluar masuk.

 

 

Sumber:

b