Bawaslu Kabupaten Mojokerto Temukan Ratusan Surat Suara Pemilu 2024 Rusak

Bawaslu Kabupaten Mojokerto Temukan Ratusan Surat Suara Pemilu 2024 Rusak

Proses pelipatan surat suara pemilu 2024 di gudang Bulog Cabang Surabaya Selatan-Fio Atmaja-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Selama sepekan, Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto menemukan ratusan surat suara mengalami kerusakan selama masa sortir dan lipat suara pemilu 2024.

"Data sementara kami laporkan ke Bawaslu Provinsi di Jawa Timur sejumlah 188 kerusakan surat suara untuk DPP," ucap Koordinator Divisi SDM dan Diklat Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Syifauddin kepada Disway Mojokerto, Senin (15/1/2024).

Sedangkan surat suara rusak pada pemilu DPRD Kabupaten dapil 1 sebanyak 165 lembar, dapil 2 sebanyak 77 lembar, dapil 3 sebanyak 87 lembar, dapil 4 sebanyak 175 lembar, dan dapil 5 sebanyak 69 lembar.

Mayoritas surat suara rusak mengalami kerusakan bermacam- macam, mulai potongan kertas tidak presisi,  hingga noda tinta membuat nama dan nomor calon legislatif tidak terbaca jelas.


Ratusan pekerja terlibat dalam penyortiran dan pelipatan surat suara KPU Kabupaten Mojokerto-Fio Atmaja-

"Nantinyasurat suara tidak bisa diganti langsung karena proses sortir lipat belum selesai jadi diakumulasikan terlebih dahulu kemudian surat suara ini dilaporkan kerusakannya berapa," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori, mengatakan bahwa KPU Kabupaten Mojokerto masih mengumpulkannya sebelum dihitung kemudian dilaporkan dalam berita acara kekurangan surat suara.

"Nanti kami akan membuatkan berita acara terkait beberapa surat suara rusak termasuk kekurangannya, dan laporan dikirimkan ke penyedia maupun KPU Provinsi Jatim," tambahnya.

Sebelumnya proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Kabupaten Mojokerto berjalan mulai Minggu (7/1/2024) yang melibatkan kurang lebih 350 orang di gudang yang berada di Jalan RA Basoeni, Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. (*)

Sumber:

b